Perbedaan Wifi dan Hotspot yang mungkin belum anda ketahui

Sahabat blogger semoga pada hari ini diberi keberkahan dan kemudahan serta dilancarkan, Sobat semuanya kali ini admin ingin memberikan gambaran tentang perbedaan antara Wifi dan Hotspot mungkin sobat semuanya yang belum mengetahui tentang teng keduanya, apakah sama dan apakah beda.

Perbedaan antara Wifi dan hotspot merupakan topik yang menarik untuk dibicarakan baik tentang Wifi dan hotspot memainkan peran penting dalam jaringan. Wifi adalah teknologi yang digunakan untuk jaringan area lokal. Interkoneksi yang dilakukan melalui frekuensi radio gelombang elektromagnetik dan aturan di mana, bagaimana komunikasi terjadi didefinisikan dalam protokol bernama IEEE 802.11. Sebuah hotspot adalah tempat yang menyediakan akses internet ke perangkat yang menggunakan Wifi. Sebuah hotspot dibuat melalui perangkat yang dikenal sebagai jalur akses.

Apa itu Wifi?

Wifi, yang merupakan singkatan dari Wireless Fidelity, adalah teknologi komunikasi nirkabel yang digunakan untuk Local Area Network. Laptop hari ini, smartphone, tablet, kamera dan bahkan televisi terdiri dari modul Wifi yang membuatnya menjadi teknologi yang banyak digunakan untuk jaringan rumah.

Juga, semua sistem operasi utama termasuk windows, Linux, OS X, iOS dan Android telah built-in mendukung untuk Wifi sehingga sangat mudah untuk menghubungkan dengan menggunakan Wifi. Wifi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media di mana pita frekuensi yang digunakan adalah 2,4 GHz.

IEEE mendefinisikan protokol yang disebut 802.11 yang menyediakan bagaimana komunikasi yang tepat terjadi. Beberapa versi sebagai 802.11a, 802.11b, 802.11n, 802.11g dan 802.11ac diperkenalkan dalam urutan di mana protokol yang berbeda mendukung kecepatan dan rentang yang berbeda.

Apa itu Hotspot?

Sebuah hotspot adalah tempat yang menyediakan akses internet menggunakan Wifi. Sebuah hotspot dibuat menggunakan perangkat yang dikenal sebagai jalur akses. Dalam penggunaan umum, baik hotspot dan jalur akses dapat berarti hal yang sama. Jalur akses biasanya sebuah perangkat yang terhubung ke router atau gateway, yang terhubung ke internet. Jalur akses memungkinkan berbagai perangkat untuk terhubung menggunakan Wifi dan memberikan mereka internet melalui router yang terhubung. Dalam router nirkabel modern, router dan jalur akses terintegrasi ke dalam satu perangkat tunggal.

Hotspot Wifi yang ditemukan di tempat-tempat umum serta tempat-tempat pribadi. Saat ini, banyak tempat-tempat umum di dunia seperti bandara, toko, restoran, hotel, rumah sakit, perpustakaan, telepon umum, stasiun kereta api, sekolah dan universitas memiliki hotspot. Banyak menyediakan akses gratis ke internet sementara ada yang komersial juga. Hotspot bisa diseting di rumah juga dengan hanya menghubungkan router nirkabel ke internet melalui ADSL atau 3G. Ini adalah teknik yang paling umum digunakan saat ini untuk berbagi koneksi internet di rumah di berbagai perangkat.

Selain dari perangkat keras, perangkat lunak saat ini juga dapat membuat hotspot. Software seperti Connectify, Virtual Router dan juga tools built-in dalam sistem operasi memungkinkan Anda berbagi internet dengan memutar modul Wifi pada laptop atau ponsel menjadi hotspot virtual.

Apa perbedaan antara Wifi dan Hotspot?

Wifi adalah teknologi komunikasi nirkabel yang digunakan untuk Local Area Network. Hal ini digunakan untuk interkoneksi perangkat untuk melakukan komunikasi yang baik. Sebuah hotspot adalah tempat yang menyediakan internet ke perangkat nirkabel menggunakan Wifi.

Sebuah hotspot dibuat menggunakan perangkat yang dikenal sebagai jalur akses atau access point. Jalur akses terhubung ke router yang bertindak sebagai gateway ke internet. Wifi digunakan antara access point dan perangkat nirkabel untuk interkoneksi.

Wifi menggunakan gelombang elektromagnetik radio di bawah pita frekuensi 2.4GHz untuk melakukan komunikasi. Sebuah hotspot menggunakan teknologi Wifi ini untuk menghubungkan perangkat ke satu titik yang disebut jalur akses untuk berbagi internet.

Sebuah hotspot dibuat dengan menggunakan Wifi namun tidak sebaliknya. Tanpa Wifi, tidak akan ada hotspot.

Hotspot adalah tempat yang menyediakan akses internet untuk perangkat nirkabel. Teknologi Wifi, di sisi lain, melibatkan protokol, spesifikasi, hardware dan driver.
Penjelasan Singkat :
Wifi vs Hotspot
Wifi adalah teknologi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat pada LAN. Ini adalah teknologi komunikasi nirkabel di mana media yang digunakan adalah gelombang frekuensi radio. Sebuah hotspot menggunakan teknologi Wifi untuk menyediakan internet ke perangkat nirkabel. Jadi hotspot adalah tempat yang menyediakan internet ke perangkat nirkabel dengan menggunakan Wifi sebagai daerah jaringan teknologi lokal.
Nah dengan artikel ini semoga sobat yang masih bingung diantara keduanya dapat bermanfaat dan berguna. Terimakasih.

Facebook Comment